Jalan MT Haryono No. 525 Semarang
Jawa Tengah - INDONESIA
Tel : +62-24 - 8447899 Fax : +62-24 - 8417666
sales@me-indo.com www.me-indo.com

Jenis-Jenis Lampu

    Sebagian besar dari kita mungkin sudah mengetahui bahwa sumber cahaya terbagi menjadi pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan buatan diciptakan oleh manusia dan dikendalikan oleh manusia. Diantara pencahayaan buatan ini adalah pembakaran kayu, minyak, dan penerangan yang menggunakan listrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan lampu. Lampu merupakan sebuah hasil temuan dari seorang fisikawan Eropa yang bernama Thomas Alfha Edison yang hingga kini jenis pencahayaan ini banyak digunakan oleh masyarakat modern.

    Seiring dengan perkembangan jaman, muncul beberapa jenis lampu yang kita kenal, dari Lampu Pijar, Bohlam, Ulir, Jari,  dsb, kita tidak akan membahas jenis lampu seperti yang saya sebutkan tadi, karena saya akan ajak anda fokus untuk melihat dan mengenali jenis-jenis lampu menurut cara kerja atau teknologinya, daripada bingung langsung saja simak berbagai jenis lampu dibawah ini.

    1. Incandescent Light Bulbs (ILB)

    Lampu jenis ini adalah lampu yang 130 tahun yang lalu ditemukan oleh Thomas Alfa Edison, dampak dari penemuan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan berkembang menjadi sebuah lampu yang sering disebut lampu pijar atau dalam bahasa asing dikenal dengan istilah Incandescent light bulbs.

    Seiring perkembangan jaman lampu pijar tersebut dipakai masyarakat dunia untuk kebutuhan penerangan rumah dan menghasilkan pemborosan energi akibat efisiensi energi lampu yang minim. Namun demikian bukan penemuan buruk di tahun 1880 an tersebut. dan saat ini lampu pijar masih kita pergunakan namun dengan efisiensi lebih baik.

    1. Compact Floerescent Light (CFL)

    CFL adalah lampu yang dihasilkan dari proses fluoresensi cahaya. Tentu saja lampu jenis ini lebih efisien dibandingkan lampu Incandescent. Sayang, lampu CFL ini memliki efek buruk pada lingkungan,hal ini disebabkan lampu CFL mengandung merkuri, logam beracun,dan harus didaur ulang secara benar ketika terbakar habis.

    jika lampu ini jatuh dan pecah di rumah kita, kita akan memiliki daftar panjang untuk melakukan tindakan pembersihan, termasuk harus menutup lubang udara atau ventilasi udara sehingga racun tidak menyebar, lampu jenis ini tidak disarankan untuk industry Farmasi ataupun makanan.

    1. Light Emiting Dioda (LED)

    Lampu LED memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh lampu CFL maupun lampu pijar, yaitu dari segi ketahanan beserta dari segi efisensi. Tetapi lampu LED merupakan jenis lampu yang paling mahal untuk saat ini, terlebih jika kita hitung dengan berapa banyak lampu yang ada dirumah, kantor ataupun perusahaan kita? tentu pemborosan biaya, biarpun secara effisiensi energi kita bisa menekan pengeluaran dari tagihan biaya listrik yang sangat besar jika kita memaakai jenis lampu pijar.

    1. HED ( High Efficiency Discharge)

    HED secara umum hanya diproduksi dan digunakan diluar negeri, HED adalah lampu dengan teknologi Gas Xenon/Xeon dimana jenis ini sangatlah ramah lingkungan (karena tidak ada kandungan merkuri ataupun gas logam yang berbahaya), lebih terjangkau dan tentunya sangat hemat energy dibandingkan dengan lampu jenis lainnya. sehingga banyak perusahaan, Pabrik, Industri, kantor bahkan jalan raya yang menggunakan lampu jenis ini untuk penerangan jalan.

    Baca juga: Apa Itu Lampu HED 

    Semoga ulasan diatas bisa dijadikan pertimbangan Anda dalam menentukan jenis lampu yang tepat digunakan untuk ruangan Anda, kantor, perusahaan ataupun industry yang Anda miliki, sehingga lebih effisien dan ekonomis.